Rabu, 07 Oktober 2015

MLM = Marketing Garis Keras ?

Tergelitik dengan salah satu komentar seseorang di facebook yang mengatakan bahwa member MLM itu menyebalkan, sudah dicuci otaknya, dan termasuk marketing garis keras.


Menyebalkan? >>
Menyebalkan seperti apa? Ini ambigu loh, karena semua orang bisa saja menyebalkan, dan ini relatif.


Sudah dicuci otaknya? >>
Kalau dibilang dicuci ya bisa saja, ibarat mencuci baju dari pakaian yang kotor menjadi bersih kan? Yaa disini kita dicuci pikirannya ke arah yang lebih positif, lebih luas dan lebih maju. Ini nanti akan saya buat notesnya terpisah.


Marketing Garis Keras? >>
Ini yang mau saya bahas, sebenarnya kalau dibilang marketing garis keras itu bukan hanya MLM loh. Lihat lah orang di sekeliling kita yang bekerja di bidang marketing. Marketing atau sales. Sales mobil, sales motor, atau sales apapun, mereka rata-rata sangat gencar mempromosikan barang yang dijualnya. Bahkan banyak juga yang mempromosikannya di akun media sosial mereka.
 Padahal kalau dipikir-pikir mereka kan mempromosikan barang perusahaan, yang mana statusnya mereka tetap karyawan kantor, bukan bisnis pribadi.
Dan kebanyakan respon kita terhadap mereka biasa aja kan? Malah kita maklum.

Apa bedanya dengan member MLM? Kenapa kalau member MLM mempromosikan bisnisnya, banyak sekali dari kita yang mencibir, menyindir dan menyebut marketing garis keras?
Sebenarnya wajar saja kalau member MLM lebih gencar dalam berpromosi dibanding dengan marketing/sales perusahaan non-MLM.
Kenapa?
Karena member MLM membangun bisnis pribadi. Ya, sudah rahasia umum bahwa pebisnis MLM bisa menghasilkan income yang besar, dan lagi, bisnis jaringan ini aset loh, jika jaringan sudah besar dan kuat maka akan ada namanya passive income (pemasukan tetap ada saat kita tidak bekerja dengan aktif) dan bisa diwariskan.
Sedangkan marketing/sales perusahaan non-MLM itu tidak ada yang namanya passive income, hanyalah active income (pemasukan ada ketika bekerja secara aktif) dan tidak bisa diwariskan.
Jadi wajar saja dong kalau member MLM sangat gencar dalam berpromosi?
Karena beda tujuan dan beda hasilnya.


Ups, tulisan ini tidak bertujuan untuk meninggikan member MLM dan menjatuhkan pekerjaan lain, saya hanya tergelitik dengan komentar yang menyebutkan bahwa member MLM adalah marketing garis keras dan mencoba menjabarkannya.


Demikian. Silakan share, no copas ya.


HELEN INDAWATI
Pin: 2A0816C3
Facebook: Helen Oen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar